SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PROVIDER INTERNET BERDASARKAN SEGMEN
PERUMAHAN
MAKALAH
Dibuat
untuk memenuhi salah satu tugas Sistem Penunjang Keputusan
ABDUL GHONI
: 11130016
DEDE
SULAIMAN : 11130017
MAS
SUBIYANTO : 11130013
WAHYU INDRA
PRASTI : 11130032
AJI KUNCORO
: 11130005
Program
Studi Sistem Informasi
Sekolah
Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
NUSA
MANDIRI
Jakarta
2013
KATA PENGANTAR
Puji
syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah swt yang telah
melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga pada akhirnya penulis dapat
menyelesaikan makalah ini dengan baik. Dimana dalam makalah ini penulis sajikan
dalam bentuk buku yang sederhana. Adapun judul penulisan makalah yang penulis
ambil adalah sebagai berikut: “Sistem
Pendukung Keputusan Pemilihan Provider Internet Berdasarkan Segmen Perumahan”
Adapun
tujuan penulisan makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas Mata kuliah
Sistem Penunjang Keputusan. Sebagai bahan penulisan diambil berdasarkan
beberapa sumber literatur yang mendukung dalam penulisan ini. Tidak lupa
penulis ucapkan terima kasih kepada Bapak
Rico Brian Kotambunan selaku dosen mata kuliah Sistem Penunjang Keputusan
yang telah banyak berjasa mencurahkan ilmu kepada penulis.
Penulis
memnyadari bahwa penulisan makalah ini masih jauh sekali dari sempurna, untuk
itu penulis mohon kritik dan saran bersifat membangun demi kesempurnaan
penulisan di masa yang akan datang.
Akhir
kata semoga makalah ini dapat berguna bagi penulis khususnya dan bagi para
pembaca yang berminat pada umumnya.
Jakarta, 7 April 2013
Tim Penulis,
DAFTAR ISI
Halaman Judul
................................................................................................. .. 1
KATA
PENGANTAR .................................................................................... .. 2
DAFTAR ISI .................................................................................................. .. 3
BAB I PENDAHULUAN
.............................................................................. .. 4
1.1. Latar Belakang Masalah ........................................................................... .. 4
1.2. Rumusan Masalah ..................................................................................... .. 5
1.3. Tujuan Penelitian.......................................................................................... 5
BAB II PEMBAHASAN
............................................................................... .. 6
2.1.
Landasan Teori MPE ................................................................................ .. 6
2.2.
Cara Hitung Pemilihan ISP dengan MPE ................................................ .. 7
BAB III PENUTUP
........................................................................................ .. 9
3.1. Kesimpulan
............................................................................................... .. 9
DAFTAR
PUSTAKA ..................................................................................... .. 10
BAB PENDAHULUAN I
1.1. Latar Belakang
Masalah
Perkembangan
teknologi saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Terutama internet
merupakan sarana teknologi yang lazim digunakan dan menjadi kebutuhan utama
dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dilihat dari maraknya penggunaan
internet oleh masyarakat baik dari kalangan anak-anak, remaja, dan dewasa. Penggunaan
internet dalam masyarakat bukanlah merupakan hal yang asing lagi pada era ini
dikarenakan begitu mudahnya untuk diaplikasikan dalam berbagai macam kebutuhan
sehari-hari.
Adanya berbagai kemudahan akses internet
yang ditawarkan oleh pemasar dalam merebut perhatian para konsumen, dapat dibaca
oleh marketer atau pemasar jasa penyedia internet baik dikelola oleh
BUMN/Pemerintah semisal produk Telkom speedy maupun perusahaan swasta semisal
HyperNet, Biznet, First Media dan lain sebagainya.
Seiring dengan meningkatnya persaingan
dunia bisnis jasa penyedia layanan internet ISP (Internet Service provider) yang berorientasi pada profit maupun
non profit, menjadikan elemen pelayanan serta kualitas barang atau jasa yang dihasilkan
perusahaan semakin penting baik untuk bidang manufaktur maupun jasa. Dengan
demikian adanya pelayanan yang memuaskan pelanggan serta memproduksi produk
maupun jasa yang berkualitas memanglah sulit, namun jika perusahaan memiliki
keunggulan dibidangnya maka akan sulit “dipatahkan” oleh perusahaan pesaingnya.
Di sisi lain, dalam pemasaran bisnis jasa
penyedia layanan internet ISP (Internet
Service provider) merupakan upaya yang menciptakan pelayanan yang memuaskan
bagi pengguna ISP (Internet Service
Provider). Tarif yang murah bukanlah salah satu cara untuk menarik
konsumen, mengingat bahwa persaingan tarif semakin ketat antar ISP (Internet Sevice Provider). Dengan
demikian cara yang terbaik agar dapat bersaing dan dapat menarik konsumen haruslah
memberikan kualitas layanan terbaik dari ISP (Internet Sevice Provider) tersebut secara konsisten.
Oleh karena itulah, penulis hanya
membatasi seputar bagaimana metode yang digunakan dalam system pengambilan
keputusan untuk pemilihan ISP (Internet
Service Provider) berdasarkan segmen perumahan.
1.2. Rumusan Masalah
a)
Metode alternatif
sistem penunjang keputusan apa yang akan ditentukan dalam pemilihan provider
internet berdasarkan segmen perumahan
b)
Definisi MPE
(Metode Perbandingan Eksponensial)
c)
Cara penghitungan MPE
(Metode Perbandingan Eksponensial) untuk pemilihan provider internet
berdasarkan segmen perumahan
1.3. Tujuan Penelitian
Penulis dan pembaca
dapat mengetahui provider internet mana yang paling tepat untuk segmen
perumahan dengan MPE (Metode Perbandingan Eksponensial)
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Landasan Teori MPE
Metode perbandingan eksponensial (MPE)
merupakan salah satu metode yang digunakan untuk pengambilan keputusan dari
beberapa alternatif keputusan dengan
kriteria majemuk. Metode ini dikembangkan dengan cara merubah penilaian kualitatif
yang berasal dari subyektifitas dari pengambil keputusan menjadi nilai
kuantitatif (Manning 1984).
Sedangkan Eriyatno (1999) menambahkan bahwa Metode
Perbandingan Eksponesial (MPE) digunakan sebagai pembantu bagi individu
mengambil keputusan untuk menggunakan rancang bangun yang telah terdefinisi
dengan baik tiap tahap proses. MPE digunakan untuk membandingkan beberapa alternatif
dengan menggunakan sejumlah kriteria yang ditentukan berdasarkan hasil survei
dengan pakar terkait. MPE adalah salah satu metode pengambilan keputusan yang
mengkuantitaskan pendapat seseorang atau lebih dalam skala tertentu. Metode ini
mempunyai keuntungan dalam mengurangi bias yang mungkin terjadi dalam analisis.
Nilai skor menggambarkan urutan prioritas menjadi besar (fungsi eksponensial)
ini mengakibatkan urutan prioritas alternatif keputusan menjadi lebih nyata.
Manning (1984) melanjutkan bahwa tahapan
dalam menggunakan metode perbandingan eksponensial adalah sebagai berikut.
1)
Menyusun alternatif
keputusan yang akan dipilih.
2)
Menentukan kriteria
atau pertimbangan kriteria keputusan yang penting untuk dievaluasi
3)
Menentukan tingkat
kepentingan dari setiap kriteria keputusan atau pertimbangan kriteria
4)
Melakukan penilaian
terhadap semua alternatif pada setiap kriteria
5)
Menghitung nilai
atau skor alternatif
6)
Menentukan urutan
prioritas keputusan didasarkan kepada skor atau nilai total masing-masing
alternatif.
Formulasi pehitungan skor untuk setiap
alternatif dalam metode perbandingan eksponensial adalah sebagai berikut.
Skor = ∑ (Nilai ij) Krit
j
|
Nilai ij = nilai
dari alternatif ke-i pada kriteria ke-j
Krit j = tingkat
kepentingan kriteria ke-j
I = 1,2,3,….,n
: jumlah alternatif
J = 1,2,3,….,n
: jumlah kriteria
Penentuan urutan
prioritas keputusan dilakukan dengan cara mengurutkan nilai skor dari
alternatif yang terbesar sampai dengan alternatif yang terkecil.
2.1.
Cara Hitung Pemilihan ISP (Internet
Service Provider) yang ditawarkan
Alternatif ISP (Internet Service Provider)
:
1.
Biznet
2.
Speedy
3.
Firstmedia
Metode pemilihan alternatif menggunakan
Metode Perbandingan Eksponensional (MPE) dengan kriteria sebagai berikut.
Tabel 1. Metode dan
Kriteria
Metode
Penilaian
|
Skala
ordinal (generik) :
1. Sangat
Kurang
2. Kurang
3. Biasa
4. Bagus
5. Sangat
Bagus
|
Kriteria
Penilaian/Bobot
|
Kecepatan
Akses (KA) = 5
Customer
Service (CS) = 3
Harga
Kompetitif (HK) = 2
|
Metode
Perhitungan
|
|
MATRIKS KEPUTUSAN
Alternatif
|
Kriteria
|
Nilai Keputusan
|
||
KA
|
CS
|
HK
|
||
Biznet
|
4
|
3
|
3
|
1132
|
Speedy
|
4
|
2
|
3
|
1067
|
Firstmedia
|
4
|
3
|
4
|
1169
|
Dari hasil penilaian pada produk keputusan
diatas diperoleh bahwa pemakaian komoditas unggulan produk ISP untuk segmentasi
perumahan adalah firstmedia.
Pemilihan paket
produk firstmedia yang dipilih adalah sebagai berikut.
1.
FastNet Express
2.
FastNet Premium
3.
FastNet Ultimate
Metode pemilihan alternatif
menggunakan MPE (Metode Perbandingan Eksponensial dengan kriteria sebagai
berikut.
Tabel 2. Metode dan
Kriteria
Metode
Penilaian
|
Skala
ordinal (generik) :
6. Sangat
Kurang
7. Kurang
8. Biasa
9. Bagus
10. Sangat
Bagus
|
Kriteria
Penilaian/Bobot
|
Kecepatan
Akses (KA) = 3
Harga
Kompetitif (HK) = 5
|
Metode
Perhitungan
|
|
MATRIKS KEPUTUSAN
Alternatif
|
Kriteria
|
Nilai Keputusan
|
|
KA
|
HK
|
||
FastNet
Express
|
3
|
5
|
3152
|
FastNet
Premium
|
4
|
3
|
1051
|
FastNet
Ultimate
|
5
|
2
|
3133
|
Kesimpulan : Dari
hasil penilaian diperoleh bahwa paket produk yang dipilih adalah FastNet
Express
PENUTUP III
3.1.
Kesimpulan :
1.
Metode
perbandingan eksponensial (MPE) merupakan salah
satu metode yang digunakan untuk pengambilan keputusan dari beberapa alternatif keputusan dengan kriteria majemuk.
2.
Menurut Manning (1984)
bahwa tahapan dalam menggunakan metode perbandingan eksponensial adalah sebagai
berikut.
Ø
Menyusun alternatif
keputusan yang akan dipilih.
Ø
Menentukan kriteria
atau pertimbangan kriteria keputusan yang penting untuk dievaluasi.
Ø
Menentukan tingkat
kepentingan dari setiap kriteria keputusan atau pertimbangan kriteria.
Ø
Melakukan penilaian
terhadap semua alternatif pada setiap criteria
Ø
Menghitung nilai
atau skor alternatif.
Ø
Menentukan urutan
prioritas keputusan didasarkan kepada skor atau nilai total masing-masing
alternatif.
3.
Dari hasil
penilaian diatas diperoleh bahwa paket produk yang dipilih adalah FastNet
Express
DAFTAR PUSTAKA
Nurito N. 2010. Komunikasi. Diambil dari artikel internet
(2010)
Repository Kampus IPB
(Institut Pertanian Bogor)
http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/52999/BAB%20III%20Landasan%20Teori.pdf?sequence=4
No comments :
Post a Comment
silakan masukan komentar anda?